Search This Blog

Thursday 29 February 2024

Hadits Sedekah Menyembuhkan Penyakit

Hadits Sedekah Menyembuhkan Penyakit

Sedekah bisa menyembuhkan penyakit bukanlah sebuah hipotesis belaka. Juga bukan sekadar kata-kata motivasi. Ia benar adanya karena berangkat dari sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

دَاوُوا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ

Obatilah orang-orang sakit di antara kalian dengan sedekah. (HR. Abdu Dawud dalam Al-Marasil, Ath Thabrani dan Baihaqi)

Hadits ini derajatnya hasan. Masuk dalam salah satu hadits sedekah dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib. Dan karena ini adalah sabda Rasulullah, maka ia pasti benar. Orang yang sakit bisa sembuh dari sakitnya dengan sedekah.


Penjelasan Ilmiah

Sedekah atau memberi kepada orang lain terbukti secara ilmiah membuat pelakunya bahagia. Bahkan bisa lebih bahagia daripada orang yang menerima pemberian itu.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Psychological Science dari Association for Psychological Sciene, ditemukan bahwa memberi kepada orang lain adalah sumber kebahagiaan pada diri seseorang.

“Untuk mengalami kebahagiaan yang lebih bertahan lama, kita harus belajar untuk mencoba pengalaman yang baru, yaitu memberi,” kata Ed O’Brien, Ph.D, peneliti psikologi dari University of Chicago Booth School of Business.

Dalam penelitiannya, ia menemukan bahwa memberi secara rutin dan berulang kali -dengan cara yang sama maupun kepada orang yang sama- dapat memberikan kebahagiaan yang menyenangkan dan tahan lama.

Psikolog klinis Tara de Thouars menjelaskan bahwa ketika berbuat baik kepada seseorang, bagian otak yang bernama mesalimbic dopamine system akan teraktivasi. Sehingga membuat seseorang merasa mendapatkan hadiah kembali saat tahu respon bahagia dari orang lain yang ia bantu.

Nah, ketika seseorang bahagia, maka imunitas meningkat. Sel-sel tubuh juga lebih cepat melakukan regenerasi. Apalagi jika penyakit itu akibat depresi seperti asam lambung dan psikosomatis lainnya.

Penjelasan serupa kita temukan dalam buku The Secret karya Rhonda Byrne dan Rich Dad Poor Dad karya Robert Kiyokasi. Memberi membuat pikiran kita merasa kaya dan itu membuat kita bahagia serta menarik kekayaan yang lebih besar.

No comments:

Post a Comment

Penyebab orang yang di ruqyah jadi muntah bahkan kesurupan

Tanya : Kenapa orang yang diruqyah selalu muntah dan orang diruqyah kenapa jadi kesurupan? Jawab : Mual dan muntah adalah salah satu reaksi ...