Search This Blog

Sunday 5 November 2023

Sedekah Sebagai Pembuka Pintu rizqi

Sebagai umat muslim seringkali kita mendengar kalimat bahwa sedekah dapat membuka pintu rezeki. Ibarat menanam hal yang baik, tentu kita juga akan menuai buah kebaikan tersebut, begitu halnya saat bersedekah.

Seperti sabda Rasulullah: “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah” (HR. Al-Baihaqi).

Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu’anhu juga mengatakan “Pancing rezekimu dengan sedekah.“ Siapa yang banyak memberi maka ia juga akan banyak menerima.

Dalil Tentang Keutamaan Sedekah Sebagai Pembuka Pintu Rezeki

Sedekah bagi umat muslim adalah istilah yang sangat familiar. Sedekah sendiri diambil dari bahasa Arab yakni ‘shodaqoh’ yang berarti kebenaran.

Sedekah merupakan salah satu cara untuk mendapatkan keberkahan dari Allah sekaligus bermanfaat bagi sesama manusia. Karena hubungan dengan Allah dan hubungan interpersonal sesama manusia harus seimbang.

Melalui sedekah tidak hanya dapat meringankan beban orang yang membutuhkan, tapi juga mendatangkan pahala serta kebaikan bagi yang melakukannya. Inilah mengapa setiap umat Islam sangat dianjurkan untuk gemar bersedekah, baik dalam bentuk materi maupun non-materi.

Rumus dalam bersedekah bukan untuk mengurangi rezeki, tapi justru semakin membuka pintu rezeki dari mana saja tanpa berpeluh keringat. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim).

Padahal dengan bersedekah kita memberikan sebagian harta kita, lalu mengapa justru semakin bertambah? Memang secara tersirat kelihatannya berkurang, tapi di mata Allah SWT justru akan terus melipat gandakannya lebih banyak melalui pintu rezeki yang terbuka dari mana saja.

Allah juga menjanjikan pahala yang melimpah bagi mereka yang gemar bersedekah. Inilah yang menjadi salah satu keistimewaan amalan sedekah.

Allah SWT berfiman: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid: 18)

Bersedekah saat memiliki kelapangan rezeki mungkin merupakan hal yang mudah dilakukan. Tapi bagaimana saat sedang sempit? 

Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rizki yang terbaik.” (Saba’/34 : 39)

Kita tidak perlu khawatir meskipun sedang sempit harta, tapi tetap ingin bersedekah. Allah telah menjanjikan belasan rezeki yang berlipat ganda bagi umat umatnya yang gemar bersedekah.

Jangan khawatir harta kita akan habis hanya karena sedekah. Justru yang sempit akan dilapangkan dan yang sudah lapang akan semakin dilapangkan.

Betapa besar pengembalian yang dijanjikan oleh Allah SWT bagi orang-orang dermawan. Semoga penjelasan tentang sedekah yang dapat membuka pintu rezeki menjadi pengetahuan dan meningkatkan keimanan kita untuk berinfak dijalan Allah.


No comments:

Post a Comment

Penyebab orang yang di ruqyah jadi muntah bahkan kesurupan

Tanya : Kenapa orang yang diruqyah selalu muntah dan orang diruqyah kenapa jadi kesurupan? Jawab : Mual dan muntah adalah salah satu reaksi ...